Cara Menghitung Luas Tanah Di Google Maps

Cara Menghitung Luas Tanah Di Google Maps

Google Maps adalah sebuah aplikasi peta yang sangat populer di seluruh dunia. Banyak orang menggunakan Google Maps untuk mencari arah, menemukan tempat-tempat penting, dan bahkan mengetahui luas tanah. Dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara menghitung luas tanah di Google Maps.

Langkah Pertama: Tentukan Area yang ingin dihitung

Langkah pertama untuk menghitung luas tanah di Google Maps adalah menentukan area yang ingin dihitung. Anda dapat menggunakan alat zoom pada aplikasi Google Maps untuk memperbesar atau memperkecil area yang ingin dihitung. Pastikan bahwa area yang ingin dihitung sudah cukup jelas dan terlihat.

Langkah Kedua: Aktifkan Mode Pengukuran di Google Maps

Setelah menentukan area yang ingin dihitung, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan mode pengukuran di Google Maps. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengklik ikon pengukur yang terletak di bawah bar pencarian. Kemudian, pilih opsi Area.

Langkah Ketiga: Tentukan Titik Awal

Setelah memilih opsi Area, Anda akan diarahkan untuk menentukan titik awal pengukuran. Anda bisa mengklik pada titik awal di area yang ingin dihitung kemudian akan muncul tanda titik bulat dengan garis putus-putus biru yang menghubungkannya.

Langkah Keempat: Tentukan Titik Selanjutnya

Setelah menentukan titik awal, langkah selanjutnya adalah menentukan titik selanjutnya. Anda bisa terus mengeklik dan menentukan titik selanjutnya sampai titik terakhir yang membentuk area yang ingin dihitung. Pastikan bahwa titik terakhir sama dengan titik awal, jika tidak area yang diukur tidak akan tepat.

TRENDING:  Cara Menghitung Luas Bangunan Di Google Map

Langkah Kelima: Lihat Hasil Pengukuran Luas Tanah

Setelah menentukan semua titik pada area yang ingin diukur, Google Maps akan otomatis menampilkan hasil luas tanah yang diukur. Hasil pengukuran tersebut dapat dilihat pada bagian bawah layar dan ditampilkan dalam satuan meter persegi.

Langkah Keenam: Konversi Satuan Luas Tanah

Jika Anda ingin mengonversi hasil pengukuran luas tanah dari meter persegi ke satuan lain seperti hektar atau acre, Anda dapat menggunakan alat konversi satuan online atau menggunakan rumus matematika.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas cara menghitung luas tanah di Google Maps. Langkah-langkah yang harus dilakukan cukup mudah dan sederhana, yaitu menentukan area yang ingin dihitung, mengaktifkan mode pengukuran di Google Maps, menentukan titik awal dan selanjutnya, dan melihat hasil pengukuran luas tanah. Jangan lupa untuk mengonversi satuan luas tanah jika diperlukan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Luas Tanah Di Google Maps ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.