Cara Menghitung Luas Tanah Dengan Google Maps

Cara Menghitung Luas Tanah Dengan Google Maps

Google Maps merupakan salah satu aplikasi peta digital yang sangat populer di kalangan masyarakat. Selain digunakan untuk menemukan lokasi, Google Maps juga dapat digunakan untuk menghitung luas tanah. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara menghitung luas tanah dengan Google Maps.

Langkah-Langkah Menghitung Luas Tanah Dengan Google Maps

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menghitung luas tanah menggunakan Google Maps:

1. Buka Google Maps di perangkat Anda.

2. Temukan lokasi tanah yang ingin dihitung luasannya. Anda dapat mencarinya menggunakan fitur pencarian di Google Maps atau dengan menavigasi peta secara manual.

3. Setelah menemukan lokasi tanah yang ingin dihitung luasannya, klik kanan pada lokasi tersebut. Kemudian, pilih opsi Ukur jarak yang terdapat pada menu dropdown.

4. Arahkan kursor mouse ke titik awal di sekitar tanah yang ingin dihitung luasannya. Klik sekali untuk menandai titik awal.

5. Arahkan kursor mouse ke titik berikutnya di sekitar tanah yang ingin dihitung luasannya dan klik sekali lagi. Terus lakukan hal ini hingga Anda menandai seluruh batas tanah.

6. Setelah menandai seluruh batas tanah, klik kanan pada titik akhir dan pilih opsi Hitung area pada menu dropdown.

7. Luas tanah yang telah ditandai akan muncul di layar dengan satuan meter persegi. Anda juga dapat mengubah satuan luas dengan memilih opsi yang tersedia pada menu dropdown.

8. Untuk menghitung luas tanah yang berbentuk tidak beraturan, Anda juga dapat menandai bentuk tanah secara manual dengan menggunakan opsi Tambah garis pada menu dropdown.

TRENDING:  Cara Mengukur Luas Bangunan Dengan Google Earth

Kelebihan Menghitung Luas Tanah Dengan Google Maps

Menghitung luas tanah dengan Google Maps memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

1. Praktis dan mudah dilakukan. Anda hanya perlu memiliki perangkat yang terhubung ke internet dan membuka aplikasi Google Maps.

2. Akurat. Google Maps menggunakan teknologi satelit dan pemetaan digital yang sangat akurat, sehingga hasil pengukuran luas tanah akan lebih akurat dibandingkan dengan mengukur secara manual dengan menggunakan alat pengukur.

3. Gratis. Tidak diperlukan biaya tambahan untuk menghitung luas tanah dengan Google Maps.

Kesimpulan

Untuk menghitung luas tanah dengan Google Maps, pertama-tama buka aplikasi Google Maps, temukan lokasi tanah yang ingin dihitung luasannya, dan gunakan opsi Ukur jarak untuk menandai seluruh batas tanah. Setelah itu, klik kanan pada titik akhir dan pilih opsi Hitung area untuk mengetahui luas tanah yang telah ditandai. Kelebihan menghitung luas tanah dengan Google Maps adalah praktis, akurat, dan gratis.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Luas Tanah Dengan Google Maps ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.