Cara Menghitung Luas Gabungan Persegi Dan Persegi Panjang

Cara Menghitung Luas Gabungan Persegi Dan Persegi Panjang

Pendahuluan

Persegi dan persegi panjang adalah dua bentuk bangun datar yang sering digunakan dalam matematika. Keduanya memiliki sisi-sisi yang sejajar dan sudut-sudut yang sama besar, namun ada perbedaan ukuran yang signifikan antara keduanya. Salah satu cara untuk menghitung luas dari kedua bentuk ini adalah dengan menghitung luas gabungannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghitung luas gabungan persegi dan persegi panjang secara mendalam.

Definisi Persegi dan Persegi Panjang

Sebelum kita membahas cara menghitung luas gabungan antara persegi dan persegi panjang, mari kita terlebih dahulu memahami definisi dari kedua bentuk ini.

Persegi adalah bentuk bangun datar yang memiliki empat sisi yang sama panjang dan empat sudut yang sama besar. Dalam matematika, sisi persegi biasanya dilambangkan dengan huruf s. Jadi jika sisi persegi adalah s, maka rumus untuk menghitung luasnya adalah s x s atau s^2.

Persegi panjang, di sisi lain, adalah bentuk bangun datar yang memiliki dua pasang sisi yang sejajar dan sama panjang. Dalam matematika, sisi-sisi yang sejajar biasanya dilambangkan dengan huruf l dan w. Jadi jika panjang persegi panjang adalah l dan lebarnya adalah w, maka rumus untuk menghitung luasnya adalah l x w.

Cara Menghitung Luas Gabungan Persegi dan Persegi Panjang

Untuk menghitung luas gabungan persegi dan persegi panjang, kita perlu memahami bentuk dari kedua bangun datar ini. Mari kita lihat gambar di bawah ini:

TRENDING:  Cara Menghitung Luas Bangunan Gabungan

Dalam gambar tersebut, persegi memiliki sisi yang sama panjang dengan s dan luasnya adalah s x s atau s^2. Sedangkan persegi panjang memiliki panjang yang sama dengan l dan lebar yang sama dengan w, sehingga luasnya adalah l x w.

Untuk menghitung luas gabungan persegi dan persegi panjang, kita perlu membagi persegi panjang menjadi dua bagian seperti pada gambar di atas. Bagian bawah dari persegi panjang memiliki panjang yang sama dengan s, sedangkan bagian atas dari persegi panjang memiliki panjang yang sama dengan l-s (panjang total persegi panjang dikurangi panjang sisi persegi). Dengan melakukan ini, kita dapat menghitung luas gabungan persegi dan persegi panjang dengan rumus sebagai berikut:

Luas Gabungan = Luas Persegi + Luas Persegi Panjang – Luas Persegi Sama

Kita dapat memberikan nilai pada rumus tersebut sebagai berikut:

Luas Gabungan = s^2 + l(w-s) – s^2

Dengan melakukan sedikit simplifikasi, kita dapat menyederhanakan rumus di atas menjadi:

Luas Gabungan = l x w – s x (l-s)

Dalam rumus di atas, l x w adalah luas dari persegi panjang keseluruhan. Kita kemudian mengurangi luas persegi yang bertumpang tindih dengan persegi panjang.

Contoh Soal

Mari kita lihat contoh penggunaan rumus di atas dalam menghitung luas gabungan persegi dan persegi panjang.

Contoh 1:
Sebuah persegi panjang memiliki panjang 10 cm dan lebar 6 cm. Di dalam persegi panjang tersebut terdapat sebuah persegi yang memiliki sisi sepanjang 4 cm. Berapa luas gabungan keduanya?

Solusi:
Kita dapat menggunakan rumus di atas untuk menghitung luas gabungan antara persegi dan persegi panjang:
Luas Gabungan = l x w – s x (l-s)
= 10 x 6 – 4 x (10-4)
= 60 – 4 x 6
= 36 cm^2

Jadi, luas gabungan antara persegi dan persegi panjang adalah 36 cm^2.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas cara menghitung luas gabungan antara persegi dan persegi panjang secara mendalam. Kita juga telah memahami definisi dan rumus untuk menghitung luas dari kedua bentuk tersebut. Dengan memahami cara menghitung luas gabungan antara persegi dan persegi panjang, kita dapat memperluas pemahaman kita dalam matematika dan memecahkan berbagai masalah yang melibatkan kedua bentuk tersebut.

TRENDING:  Cara Menghitung Luas Bangun Datar Dengan Mudah Dan Tepat

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menghitung Luas Gabungan Persegi Dan Persegi Panjang ini dan sampai jumpa kembali di artikel menarik BicaraFakta.com lainnya.