Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Tanpa Play Store, Dijamin Berhasil !

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus Tanpa Play Store, Dijamin Berhasil !

bicarafakta.com – Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran ponsel pintar telah memberikan banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Adanya kebebasan untuk menambah dan menghapus beragam aplikasi membuat ponsel pintar dapat memudahkan kegiatan penggunanya. Untuk membeli barang kesukaan saja, kini dapat dilakukan sambil rebahan di rumah. Begitu juga dengan membayar bermacam-macam tagihan, seperti air, listrik, dan sebagainya.

Hal itu tentu saja dapat membuat penggunanya lebih produktif untuk melakukan kegiatan lain. Bahkan, pengguna juga dapat menghasilkan uang hanya dengan duduk di rumah, misalnya dengan berjualan pulsa, menjadi freelancer, atau bahkan menjual barang secara onlinedengan memanfaatkan banyak aplikasi Android. Namun, terkadang aplikasi yang telah dipasang di ponsel pintar dapat terhapus, padahal kita tidak pernah menghapusnya. Beruntungnya aplikasi yang hilang di ponsel pintar masih dapat dikembalikan, baik dengan mengunduh ulang atau tanpa Play Store.

Nah, simak hingga tuntas artikel ini agar kamu paham cara mengembalikan aplikasi yang terhapus tanpa Play Store. Sudah menjadi rahasia umum bahwa aplikasi adalah hal yang sangat penting dalam sebuah smartphone. Selain digunakan sebagai alat komunikasi, kamu juga dapat mencari banyak hiburan melalui beragam aplikasi. Sayangnya, tidak ada ponsel pintar yang sempurna. Hal itu dibuktikan masih seringnya kejadian aplikasi yang hilang dari layar utama.

Aplikasi yang hilang biasanya terjadi karena bug atau peluncur sistem yang sedang error. Kamu dapat memulihkan aplikasi yang hilang dengan memulai ulang ponsel pintar. Jika tetap hilang, cobalah melakukan cara mengembalikan aplikasi yang terhapus tanpa Play Store dengan memanfaatkan fitur Setelan. Ikuti tahapan berikut dengan saksama.

  • Cari menu Setelan di ponsel kamu;
  • Klik pada menu Aplikasi Terinstal;
  • Cari aplikasi Peluncur Sistem, jika tidak ada, klik pojok kanan atas untuk menampilkan semua aplikasi;
  • Pilih opsi hapus data, kemudian hapus semua data, lalu klik OK untuk menyetujuinya;
  • Keluar dari Play Store untuk mengecek aplikasi di layar utama;
  • Aplikasi yang terhapus sudah tampil kembali pada menu.

Selain memanfaatkan fitur Setelan, cobalah untuk mencari aplikasi yang terhapus di menu Pengelola Berkas. Perlu kamu perhatikan, cara ini hanya dapat dilakukan jika kamu dahulu mengunduh aplikasi di situs web tertentu dan datanya tersimpan di penyimpanan eksternal. Ini dia langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

  • Cari menu Pengelola Berkas di ponsel kamu;
  • Kamu bisa mencarinya dengan lebih cepat melalui kotak pencarian yang tersedia;
  • Klik aplikasi yang dipulihkan jika sudah ketemu;
  • Terakhir, kamu hanya perlu menekan opsi Pasang.

Dua cara mengembalikan aplikasi yang terhapus tanpa Play Store di atas dapat kamu lakukan dengan begitu gampang dan dijamin berhasil. Namun, alangkah lebih baik jika kamu mengantisipasinya dengan selalu mengecek ruang memori.

Copot aplikasi yang jarang digunakan dan data-data yang tidak penting agar ruang penyimpananmu tetap longgar. Sebaiknya kamu juga mencadangkan aplikasi di penyimpanan eksternal ataupun di aplikasi pencadangan data. Beberapa jenis ponsel pintar kini juga sudah menyediakan fitur memulihkan aplikasi yang terhapus kurang dari 24 jam.

Jika ponsel kamu belum memiliki fitur tersebut, kamu dapat memanfaatkan aplikasi Backup. Aplikasi ini berfungsi untuk membuat kloning dan backup aplikasi yang terhapus semirip mungkin. Namun, sebelumnya kamu perlu menandai aplikasi yang penting agar dapat dipulihkan jika suatu saat terhapus. Jadi, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi jika ada aplikasi yang hilang/terhapus.