Harga Asuransi Mobil All Risk Berapa Ini Cara Menghitungnya

Harga Asuransi Mobil All Risk Berapa? Ini Cara Menghitungnya!

bicarafakta.comAsuransi Mobil All Risk adalah asuransi mobil yang menanggung semua jenis kerusakan pada mobil yang Anda dimiliki, baik itu kerusakan ringan maupun kerusakan berat. Selain menanggung semua jenis kerusakan kendaraan, asuransi mobil all risk juga menanggung dan membayarkan klaim nasabah jika terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya kehilangan mobil karena dicuri.

Tapi, sebenarnya berapa Harga Asuransi Mobil All Risk?

Jika dibandingkan dengan asuransi mobil Total Loss Only, Harga Asuransi Mobil All Risk bisa beberapa kali lipat lebih tinggi. Namun hal ini dikarenakan jenis perlindungan yang diberikan oleh kedua asuransi kendaraan ini berbeda. Asuransi all risk memberikan proteksi untuk seluruh bagian mobil dan juga menanggung jika terjadi resiko kehilangan mobil, sedangkan asuransi Total Loss Only hanya akan membayarkan klaim jika terjadi kerusakan di atas 75% kepada mobil Anda. Apabila kerusakan yang terjadi tidak sampai 75%, maka perusahaan asuransi tidak akan membayarkan klaim atas kerusakan yang terjadi.

Namun jika dilihat dari sisi harga, premi asuransi Total Loss Only jauh lebih unggul dari asuransi mobil all risk karena preminya yang jauh lebih murah. Walaupun demikian, kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan asuransi mobil all risk untuk proteksi kendaraannya, meskipun preminya jauh lebih mahal.

Supaya Anda tidak salah dalam memilih produk asuransi mobil yang Anda butuhkan, Anda harus terlebih dahulu memahami lebih dalam produk asuransi mobil all risk ini.

Hal Yang Wajib Anda Pahami Sebelum Memutuskan Membeli Asuransi Mobil All Risk

1. Harga asuransi mobil all risk lumayan tinggi, jadi sesuaikanlah dengan keuangan Anda

Harga asuransi mobil all risk cukup mahal. Besaran premi asuransi all risk pertahun bisa menyentuh kisaran 3,5% dari harga mobil yang diasuransikan. Premi asuransi kendaraan biasanya dibayarkan per tahun, sambil melihat harga beli kendaraan tersebut.

Contohnya, jika Anda membeli mobil baru dengan harga 300 juta rupiah, maka premi asuransi yang harus Anda bayar berkisar antara 4,5 juta sampai 6 juta rupiah per tahun. Karena itu, bila Anda ingin menggunakan asuransi mobil all risk, Anda perlu menyesuaikan keuangan Anda terlebih dahulu. Tapi tentu saja manfaat perlindungan yang akan Anda dapatkan sangat sepadan dengan premi asuransi yang Anda bayarkan.

2. Ada biaya own risk

Perusahaan asuransi tidak mengcover keseluruhan risiko, terutama yang disebabkan oleh kelalaian pribadi. Karena itu, mereka membuat ketentuan mengenai biaya own risk. Biaya own risk ini tidak cuma ada di asuransi mobil all risk, tapi juga ada di asuransi Total Loss Only.

Sebagai contoh, jika perusahaan asuransi memberlakukan biaya own risk sebesar 300 ribu rupiah, maka Anda harus membayar 300 ribu rupiah setiap terjadi resiko, dan perusahaan asuransi akan menanggung semua sisa biaya yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan kendaraan Anda.

3. Coba bandingkan harga dari beberapa perusahaan asuransi

Dalam memilih perusahaan asuransi mobil, sebaiknya Anda memilih perusahaan asuransi yang memiliki reputasi yang baik dan bekerjasama dengan jaringan bengkel yang terpercaya. Hal ini akan sangat membantu Anda ketika nantinya Anda mengajukan klaim. Selain itu, jangan lupa juga bandingkan setiap produk asuransi mobil all risk dari beberapa perusahaan.

Harga Asuransi Mobil All Risk

Berdasarkan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/SEOJK.05/2017 mengenai Penetapan Tarif Premi atau Kontribusi Pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor, berikut ini adalah Harga Asuransi Mobil All Risk.

bicarafakta.com - Premi Asuransi Mobil All Risk OJK

Dengan melihat tabel di atas, kita bisa menghitung Harga Asuransi Mobil All Risk dengan mudah. Anda cukup melihat tarif sesuai dengan wilayah domisili Anda dan kalikan dengan harga mobil yang Anda miliki.

Kita ambil contoh, kendaraan yang ingin Anda asuransikan adalah Wuling Almaz RS dengan harga 410 juta rupiah, dan domisi Anda di Tangerang. Sesuai tabel tadi, wilayah Anda adalah wilayah 2, dan mobil Anda masuk dalam kategori 4.

Maka perhitungan biaya asuransi mobil all risknya seperti ini.

1,20% x Rp. 410.000.000,- = Rp. 4.920.000,-

Perhitungan harga asuransi mobil all risk di atas masih diluar biaya polis, biaya administrasi, dan biaya lainnya.

Sekarang Anda sudah tau kan bagaimana caranya menghitung Harga Asuransi Mobil All Risk? Yuk, lindungi kendaraan Anda dari sekarang supaya tidak merugi di kemudian hari.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci: Asuransi Mobil Syariah Terbaik - Promo Asuransi Mobil - Perbandingan Asuransi Mobil - own risk asuransi mobil adalah- Memilih Asuransi Mobil - Diskon Asuransi Mobil - Cari Asuransi Mobil - Beli Asuransi Mobil - Autocillin Asuransi Mobil - Asuransi Mobil Yang Bagus Dan Murah - Asuransi Mobil Termurah - Aca Mobil - Asuransi Mobil Paling Murah - Asuransi Mobil Online - Asuransi Mobil Murah Dan Bagus - Asuransi Mobil Murah Berkualitas - Asuransi Mobil Murah - Asuransi Mobil All Risk Termurah - Asuransi Mobil All Risk Murah - Asuransi Mobil Aca Otomate -